Tempat Wisata

Rabu, 29 Oktober 2008

Tips Optimalkan Tag di Blog

Jangan anggap enteng tag. Ini adalah semacam kata kunci atau kategori yang memudahkan orang menemukan posting-posting sebuah blog dari mesin pencari. Tag atau kategori juga memudahkan orang mencari posting yang dibutuhkannya pada sebuah blog.

Apa saja yang harus dilakukan?

1. Gunakan Tag yang Tepat. Kredibilitas posting Anda akan dilihat, salah satunya, dari ketepatan dalam menggunakan tag atau kategori. Jangan menggunakan tag asal-asalan.

2. Gunakan Tag Berbahasa Inggris. Terlepas jika blog Anda menggunakan bahasa Indonesia, sebaiknya kategori — yang fiturnya sudah ada di hampir semua peranti blogging — tetap dibuat dalam bahasa Inggris misalnya Technology, Tips & Tricks, News, iPod, People, Media, Mac, dan Business.

3. Bikin Tag yang Lazim. Jangan buat kategori yang aneh-aneh –- yang akan membuat hanya Anda yang akan menemukan blog Anda. Cobalah pelajari kategori-kategori yang populer saat ini di technorati.com/tag atau wordpress.com/tags. Sebagai contoh, yang hari ini jadi Top Tags di Technorati: Adsense, Bush, Comedy, Cooking, Firefox, Gaming, Iran, Islam, Israel, Live.

4. Numpang Beken. Jika posting kita memang relevan, mengapa bukan tag-tag di atas saja misalnya, yang kita pakai sebagai kategori? Apalagi hasil pencarian Technorati juga bisa disortir berdasarkan keterbaruan (freshness). Nah, jika posting kita hari ini menggunakan tag Adsense misalnya, otomatis posting tersebut akan muncul paling di atas di hasil pencarian Technorati!

5. Jangan Pelit Mencontreng Kategori. Karena itu, buat dan kelolalah kategori di blog Anda dengan baik. Jangan pelit mencontreng kategori yang sesuai dengan posting Anda: bisa saja satu posting terbaru terkait lima hingga delapan tag sekaligus.



Artikel yang berhubungan...



Tidak ada komentar: