Tempat Wisata

Selasa, 14 Oktober 2008

Optimasi blog di blogger (pemula)

Seperti yang kita tahu blogger standar setting tidaklah optimal, kita harus ubah beberapa diantaranya.

1. di “Basic” setting tab set blog title untuk keyword yang anda ingin tampil di hasil pencarian search engine Title haruslah 40-65 karakter, (google hanya menampilkan maksimal 65 karakter dalam SERP-nya, dan yahoo sekitar 115 karakter dengan spasi dan tanda baca). usahakan jangan menggunakan kata “and”, “or” dan kata2 lain yang diabaikan search engine. Jangan sekali-kali mengubah title blog anda. Mengubah title akan membuat “robot/spider bingung” dan membuat posisi anda di search engine melorot jauh.

Jawab yes untuk “add your blog to our listing” ini akan meng alert search engines ketika blog anda di update dan juga membuat blog anda tampil diblogger main page ketika anda membuat postingan. Untuk tambahan, bila anda menjawab “no” blogger akan meng shove “nofollow/noindex” meta-tags di header template blog anda yang akan mencegah blog dindex atau di crawl oleh spider.

2. di “Publishing” set “notify Weblogs” to “yes” ini akan send a notification to Weblogs setiap kali anda membuat new post. Weblogs adalah sebuah site yang mengijinkan visitor dan search engine crawler tahu kapan new content di posting di blog. Anda tentu saja ingin visitor dan crawler mengunjungi page anda ketika anda membuat postingan baru.

3.di “Formatting” tab sebenarnya terserah anda, saya personal mengeset number of post di main page antara 5 dan 7.

4.comment tentu saja harus diijinkan dan tidak boleh dibatasi . jangan menampilkan comment di pop up window, karena akan mencegah spider mengcrawl content dari comment tersebut.

5.Site feed. RSS adalah “ rich site summary” atau “ really simple syndication” atau “rdf site summary” terserah anda mengartikannya. RSS pada dasarnya adalah “ a way to stream up the minutes news and updated on your blog”. Alamat RSS feed anda adalah “namabloganda.blogspot.com/atom.xml. (kita bicara cara membuat atom.xml nanti ). dan harus anda ganti nanti ketika anda membakar feed di feedburner.com. jadi untuk pertama kali your feed url adalah “http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml’ dan nanti setelah mendaftar di feedburner anda ganti dengan url yang dikasih feedburner.

Jangan set site feed “full description” anda harus mengesetnya “short description” anda pasti bertanya kenapa ? begini, bila anda mengeset full post, visitor yang membaca feed anda tidak punya alasan untuk mengunjungi blog anda karena mereka telah membaca keseluruhan postingan . adsense for feeds baru dalam beta testing, belum open untuk semua publisher setahu saya adsense for feeds baru diperbolehkan untuk premium publisher dengan ratusan ribu (atau jutaan?) adsense impression perbulan.
Jadi setidaknya kita harus “memaksa’ visitor kembali ke blog. Bila mereka membaca feed berarti mereka Cuma membaca sebagian postingan dan bila mereka ingin keseluruhan cerita mereka harus kembali ke blog.

Cara membikin Site Feed

Cara ini adalah cara lama karena saya lihat tampilan “MyYahoo’ telah berubah tapi setidaknya ini akan membantu karena pada dasarnya langkah2nya sama.

Kita asumsikan anda telah mempunyai Yahoo account, sekarang klik “MyYahoo” link di sudut kanan atas lalu untuk register blog klik “add content” lalu cari link “Add RSS by url” klik dan ketikkan RSS url anda yaitu http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml
Bila ada kesalahan akan muncul tulisan “ We couldn’t find the RSS file you asked for”.

Setelah selesai jangan lupa untuk ping yahoo setiap kali anda update blog, alamat pingnya adalah :

http://api.my.yahoo.com/rss/ping?u=http://namabloganda.blogspot.com

lebih lanjut tentang ping, setiap kali update blog jangan lupa untuk melakukan ping. Dulu saya menggunakan pingomatic.com sekarang bisa dilakukan otomatis melalui feedburner. Anda bisa mengesetnya di feedburner.com atau kalau tidak ketemu lakukan manual dengan menggunakan jasa pingomatic.com atau pingoat.com
jangan mengupdate blog ataupun melakukan ping lebih dari 3x sehari bila tidak ingin blog anda di ban oleh search engine karena dianggap spam.

Beberapa direktori yang bisa buat registrasi RSS Feed :

_ Blog Universe: www.bloguniverse.com
_ blogarama: blogarama.com
_ Blogdex: blogdex.com
_ Blogdigger: www.blogdigger.com
_ BlogSearchEngine.com: www.blogsearchengine.com
_ BlogShares: www.blogshares.com
_ BlogStreet: www.blogstreet.com
_ Blogwise: www.blogwise.com
_ Bloogz: www.bloogz.com
_ DayPop: www.daypop.com
_ Feedster: feedster.com
_ Lockergnome’s RSS Resource Site: rss.lockergnome.com
_ NewsIsFree: newsisfree.com
_ SearchEngineBlog.com: www.searchengineblog.com
_ Syndic8: syndic8.com
_ Waypath: www.waypath.com


Google Sitemaps

Jangan lupa untuk submit blog anda di http://www.google.com/webmaster/sitemaps
Sebuah Sitemaps adalah listing setiap halaman blog anda, membuat halaman blog anda lebih Google friendly, dan juga bila blog anda memiliki banyak image anda bisa memperbolehkan spider mengcrawl image tersebut dengan mencentang kotak yang ada disamping tulisan “enhanced image search” sehingga nantinya image dari halaman blog anda akan muncul di hasil pencarian http://www.image.google.com tentu saja hal ini akan menambah visitor yang berarti juga menambah klik adsense. menurut beberapa orang yang lebih pintar dari saya Sitemap membuat halaman blog anda lebih cepat terindex di Google.
Satu lagi tentang lebih cepat terindex di Google, usahakan jangan memakai template beta kalau bisa pakailah template classic atau html. Blog saya yang memakai template beta membutuhkan 1-2 hari untuk halaman baru terindex di Google. Sedangkan yang yang memakai template classic dari http://www.isnaini.com Cuma membutuhkan 5-10 menit untuk halaman barunya terindex di Google. Anda bisa mengecek apakah halaman anda sudah terindex di Google dengan mengetikkan “site:namabloganda.blogspot.com” (tanpa tanda kutip) lalu klik “chace” atau “tembolok” bila anda menggunakan Google.co.id . “chace” adalah rekaman google tentang blog anda kapan terakhir kali dikunjungi spider.
Dan terakhir sudah bukan rahasia kalau template xml beta loadingnya lebih lama dari template classic.


Technorati

Setiap blogger di planet ini join technorati jadi tidak ada alasan untuk anda tidak mensubmit blog anda ke http://www.technorati.com Technorati adalah Godfathernya blog searching, Tecnorati adalah real-time search engine yang selalu meng-track apa yang terjadi dunia blog. Saat ini Technorati mengindex sekitar 16 juta blog. Technorati otomatis menerima notification dari blog segera setelah blog di update. Ini berarti Technorati meng-track ribuan update yang terjadi tiap jam. Technorati lebih seperti Alexa yang di desain khusus untuk blog. Technorati juga memudahkan anda untuk mencari tahu blog mana saja yang related dengan niche anda. Anda juga bisa melihat blog mana saja yang linking ke blog anda hanya dalam beberapa menit.


Feedburner

http://www.feedburner.com adalah sebuah situs yang membantu anda memanage RSS feed blog anda. Anda juga bisa meng track berapa banyak orang yang men subscribe RSS feed blog anda dan juga banyak extra tools lain serta statistic dan informasi yang sangat membantu
Feedburner adalah sebuah free service (yang bisa di upgrade ke paid version) didesain untuk mengoptimasi konten feeds. feedburner bisa dipakai untuk semua blog service. Hampir semua blog services meng generate feed untuk blog anda tapi Feedburner selalu memberi feed baru. Feedburner melakukan ping otomatis ke blog direktori dan newsreaders ketika anda membuat postingan baru.
Tapi agar Feedburner bekerja anda harus bersedia merelakan sedikit tempat di template blog anda untuk Feedburner script.
Anda bisa mulai dengan mengunjungi Feedburner homepage (www.feedburner.com) masukkan alamat blog, lalu Feedburner akan menemukan feed asli blog anda dari url tersebut, setelah itu anda masukkan feed address yang baru dikasih Feedburner ke blog. Setelah membuat username dan password untuk feedburner anda bisa mulai memanage feed tersebut.



Seo dan Cara mendapatkan traffic

1. join swicky di http://www.eurekster.com Dulunya sebelum kasus pembantain situs-situs MFA yang menggunakan metode adsense arbitrage oleh Google swicky adalah sebuah ads sharing revenue site. Saya sempat menikmati lebih dari $30 dari swicky. Ada yang bilang swicky memang bukan lagi ads sharing revenue site dan ada juga yang bilang swicky mencuri duit publisher dengan hanya menampilkan pub-id mereka di ads yang tampil. Tapi saya tidak peduli, selama swicky masih mengalirkan visitor masa bodohlah dengan semua itu.
Anda bisa sedikit mengakali swicky dengan memasang tag yang popular.

Cara no 1 tidak relevan lagi karena beberapa bulan terakhir ini swicky tidak lagi mendatangkan visitor.

2. join mybloglog di http://www.mybloglog.com mybloglog semacam “myspace” untuk bloggers. Anda bisa membuat profil dengan blog yang anda punya. Join bloggers community lain. Dan setelah membuat account anda bisa menambahkan kode yang akan menampilkan most recent mybloglog visitor yang mengunjungi blog anda. Anda juga bisa mencari blog-blog lain yang similar dengan blog anda, menambahkan mereka sebagai contact atau bahkan trade link dengan mereka.



To be continued......
________________________________________
gl0ucester
03-20-2008, 11:24 AM
3. create sebuah lense di http://www.squidoo.com creating a lense in squidoo.com hanya memakan waktu tidak lebih dari 15 menit tapi hasilnya akan membawa perubahan besar untuk keyword anda di search engine. Fungsi squidoo lebih kurang sama dengan swicky, yaitu sebagai jembatan dari Search Engine ke blog. Misalnya keyword blog anda adalah “abcd abcde”, dengan banyaknya kompetitor yang menggunakan kata “abcd abcde” sebagai keyword maka sangat sulit sekali untuk muncul di halaman pertama Search Engine Results Pages. Bila anda telah membikin sebuah lense di squidoo dengan keyword “abcd abcde” maka bila ada yang mengetikkan kata “abcd abcde” di Search Engine maka mereka akan dibawa dulu ke Squidoo setelah itu baru ke blog.

4. sekali seminggu usahakan untuk ikutkan blog anda dalam carnival di http://www.blogcarnival.com.

5.submit ke blog directories. Submit ke blog direktori gratis (lebih disarankan yang one way link). Submit url blog anda ke blog directory sebanyak2nya untuk meningkatkan backlink tapi jangan lebih dari 30x sehari. (ingat jangan pernah submit internal page ke direktori)
Saya punya tips untuk keyword yang akan anda submit ke blog directory agar nantinya blog anda punya kans untuk muncul di search result mereka. Kunjungi http://www.wordtracker.com download trial versionnya lalu ketikkan tema blog anda disana. Pilih keyword yang memiliki sedikit atau bahkan 0 (zero) competitor. Anda bisa menggunakan beberapa keyword tersebut (yang memiliki sedikit competitor) untuk keyword blog anda.

(tips ini saya temukan di forum tetangga, sudah saya tes dan hasilnya tidak mengecewakan)

6. submit ke social bookmark. Submit hanya internal page ke social bookmark jangan submit home page url anda. Social bookmark tidak disarankan untuk blog dengan konten yang pendek.

7. lihat technorati reactions blog competitor. Technorati reactions adalah rekaman setiap blog yang menyebutkan sesuatu tentang blog lain. Cari tahu blog mana saja yang menyebutkan sesuatu tentang blog competitor anda, kunjungi mereka, tinggalkan comments beserta anchor text di postingan tersebut. Setelah itu mungkin mereka akan tertarik dengan blog anda dan memposting sesuatu tentang blog anda di postingan mereka.
Technorati reactions blog competitor bisa di cek di alamat ini :
http://technorati.com/blogs/namablogcompetitor.blogspot.com?reactions.

8.setiap webmaster tahu bahwa backlink dari .edu dan .gov sites lebih dihargai dan mempunyai nilai lebih oleh search engine. Cobalah search di google .edu dan .gov sites dan tinggalkan backlink disana.

ini list .edu dan .gov sites

http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php?t=11842

9. submit content anda ke http://www.digg.com www.indianpad.com dan jangan lupa untuk tagging di del.icio.us

10. update blog minimal 3x seminggu

11. usahakan original content.


Pada tiap orang hasil mungkin akan berbeda, setelah melewati trial dan error anda mungkin akan menemukan mana yang cocok buat anda, buat senior bila ada kesalahan mohon dikoreksi dan bila ada kekurangan mohon ditambahkan.

Artikel yang berhubungan...



Tidak ada komentar: